CONTOH GBPM, FLOWCHART DAN STORYBOARD CBI


CONTOH GBPM, FLOWCHART DAN STORYBOARD CBI

 


Selamat malam, selamat datang di Tulisan Malam. Sedikit berbeda dengan postingan sebelumnya yang banyak membahas mengani beasiswa dan puisi, kali ini saya akan membagikan contoh Garis Besar Program Media atau yang biasa disingkat menjadi GBPM, Flowchart model drill dan Storyboard Computer Based Instruction (CBI) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI SMA BAB V tentang Masa Kejayaan Islam yang telah saya buat. 


Pembelajaran berbasis komputer adalah proses pembelajaran yang berisikan materi materi pembelajaran yang dikemas dengan lebih menarik dan lebih konkret dalam bentuk penggabungan antara animasi, grafik, warna, teks, serta musik, dan bersifat interaktif karena terdapat umpan balik (feedback) di dalamnya. Pada umumnya pembelajaran berbasis komputer terdiri dari empat model, yaitu drills, tutorial, simulasi, games.


Hal pertama yang dilakukan dalam merancang media interaktif pembelajaran berbasis komputer yaitu menganalisis kurikulum, membuat garis besar program media, menyusun jabaran materi serta mencari sumber materi dari berbagai sumber. Selanjutnya menyusun desain materi, flowchart dan storyboard serta naskah media.


Garis Besar Program Media (GBPM) merupakan petunjuk yang dijadikan pedoman oleh para penulis naskah di dalam penulisan naskah program media. Garis besar program media dibuat dengan mengacu pada analisis kebutuhan, tujuan dan materi. Contoh GBPM dapat dilihat dibawah ini.



Dalam pembuatan sebuah program pembelajaran yang menggunakan bantuan komputer, sebelumnya dilakukan pembuat bagan alur (flowchart) terlebih dahulu yang dimaksudkan agar alur kegiatan yang akan ditempuh dengan model drill, simulasi, game atau tutorial tersebut menjadi jelas.


Flowchart dapat berupa simbol simbol grafis yang memiliki makna dan arti tersendiri yang menunjukan arah alur kegiatan dan data yang dimiliki program sebagai suatu proses. Simbol simbol dalam flowchart memiliki arti tertentu yang telah dibakukan secara internasional, sehingga flowchart dapat dibaca oleh semua pembuat program. Berikut ini adalah simbol simbol grafis yang harus dipahami oleh para pengembangan program CAI. Contoh flowchart model drill dapat dilihat dibawah ini. Adapun contoh flowchart model tutorial, game dan simulasi dapat dilihat di internet.

Pada contoh tertulis storyboard, yang benar adalah flowchart.


Storyboard merupakan sebuah sketsa yang menggambarkan aksi di dalam film, atau bagian khusus film yang disusun teratur pada papan buletin dan dilengkapi dengan dialog yang sesuai dengan waktu dan deskripsi adegan (Effendi,2002 : 152). Storyboard adalah area berseri dari sebuah gambar sketsa yang digunakan sebagai alat perencanaan untuk menunjukkan secara visual bagaimana aksi dari sebuah cerita berlangsung. Storyboard merupakan naskah yang dituangkan dalam bentuk gambar atau sketsa yang berguna untuk lebih memudahkan cameraman dalam pengambilan gambar.


Storyboard juga berarti potongan-potongan gambar sketsa yang merupakan bentuk bentuk shot atau adegan yang di hasilkan atas dasar shot utama adegan. Fungsi storyboard antara lain sebagai standart dari apa yang ingin di produksi, juga sebagai rujukan bagi seluruh unit produksi sekaligus standart pengawasan hasil produksi. Contoh storyboard yang telah saya buat dapat dilihat dibawah ini.














































Itulah tadi contoh GBPM, Flowchart dan Storyboard yang telah saya buat, jika dirasa membantu maka anda bisa menjadikannya referensi dalam pembuatan GBPM, Flowchart dan Storyboard. Saya menghimbau kepada para pembaca untuk tidak mengcopy paste semua contoh yang telah saya buat tadi, karena pada dasarnya setiap materi pelajaran memiliki ciri dan karakteristiknya masing masing sehingga perlu strategi/pendekatan yang berbeda beda untuk bisa membuat materi pelajaran tersebut menjadi menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Semisal, anda ingin membuat CBI untuk mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga yang memerlukan banyak praktek langsung, maka model drill diatas tidak tepat jika digunakan dalam konteks tersebut.

Sumber : BBC News Indonesia/Davies Surya

Dalam pembelajaran berbasis komputer, harus menjalankan berbagai tahapan yang telah ada agar dalam prosesnya berjalan dengan baik dan lancar. Pembuatan Garis Besar Program Media (GBPM), Sinopsis, Treatment, Flowchart dan Storyboard perlu kita ketahui dan pelajari bersama sebelum melangkah ke tahapan produksi, karena pada dasarnya tahapan pra produksi akan menjadi acuan kita dalam proses produksi nanti. Jika ada pertanyaan, silahkan ketik di kolom komentar dan mari kita membuka ruang diskusi yang lebih luas.


Sebagain lulusan teknologi pendidikan dan akan menjadi guru nanti, maka Anda harus bisa memanfaatkan media interaktif melalui pembelajaran berbasis komputer ini untuk memudahkan proses pembelajaran dan memberikan proses pembelajaran yang bermakna bagi para siswa.


Terimakasih sudah mampir di Tulisan Malam, selamat malam semuanya.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI KH. ILHAM HUMAIDI (MAJELIS AS-SHOFA)

MK. Belajar dan Pembelajaran - Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP ULM