MK. Pengantar Pendidikan - Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP ULM


Pengantar Pendidikan

Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan, Landasan dan Asas Pendidikan










Tautan Jamboard silahkan klik disini











Petunjuk Tugas Presentasi dan Project Video Pengantar Pendidikan 

  • Tugas presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan pembagian anggota dan materi dari pertemuan sebelumnya. Setiap anggota kelompok harus berperan dalam presentasi kelompoknya.
  • Soft file makalah dan PPT dikirimkan paling lambat H-3 sebelum jadwal presentasi atau perkuliahan melalui WhatsApp Group Mata Kuliah Pengantar Pendidikan. Sedangkan hard file makalah dan PPT dikumpulkan pada saat akan presentasi. Makalah dan PPT dijilid menjadi satu.
  • Moderator dan notulen yang bertugas berasal dari kelompok selanjutnya. Contohnya jika yang presentasi adalah kelompok 1 maka yang bertugas menjadi moderator dan notulen adalah dari kelompok 2, nama moderator dan notulen harus segara diisi dibawah ini. Sedangkan anggota sisanya bertugas menyiapkan kelengkapan presentasi seperti proyektor dsb
  • Cara penyampaian presentasi, makalah, desain PPT, pertanyaan, jawaban, dan memberikan kesimpulan serta keaktivan dikelas juga termasuk kriteria penilaian.
  • Project pembuatan video dilakukan se bebas dan se kreatif mugkin dengan mempertimbangkan keterwakilan materi dalam video tersebut. Durasi maksimal video adalah 7 menit (sudah termasuk opening dan credit title).
  • Hal hal yang belum jelas bisa ditanyakan di ruang perkuliahan.










Sumbangan Buku untuk PSB:
1. Kawasan TP
2. Belajar dan Pembelajaran
3. Digital Literasi
4. Pembelajaran Jarak Jauh

























UTS PENGANTAR PENDIDIKAN 

Petunjuk

1.         UTS dikerjakan secara individu dan tidak diperkenankan untuk berbagi jawaban

2.         UTS dikerjakan di kertas doubel folio (tulis tangan) 

3.         Melengkapi identitas diri seperti nama lengkap, NIM, kelas, mata kuliah dan kode mata kuliah  

            serta dosen pengampu

4.         Jawaban di tulis langsung di bawah soal (soal nomor 1, lalu jawabannya, dst)

5.         Lembar kerja di kumpulkan secara langsung saat kelas berlangsung dan hasil scan lembar kerja 

            di kumpulkan di SIMARI

 

Soal

1.         Jelaskan dan uraikan pendapat saudara terkait mengapa manusia memerlukan pendidikan!

2.         Jelaskan dan uraikan pendapat saudara terkait arti pendidikan sebagai sebuah sistem!

3.         Jelaskan dan uraikan pendapat saudara terkait beberapa aspek yang terdapat di dalam landasan 

            pendidikan!

4.         Jelaskan perbedaan hominisasi dan humanisasi sesuai konsep pemikiran Driyarkara!

5.         Mengapa kita tidak boleh menerapkan banking education dalam pendidikan? Jelaskan pendapat 

            saudara terkait hal tersebut!

6.         Bagaimana saudara memaknai “Ing ngarso sung tulodo, Ing madya mangun karso, Tut wuri 

            handayani” yang di bawa oleh Ki Hajar Dewantara, dan jelaskan bagaimana contoh 

            implementasinya!

7.         Apakah sistem among masih relevan digunakan saat ini dan bagaimana penerapannya bisa 

            dilakukan dengan menyesuaikan jaman yang saat ini sudah berkembang?

8.         Jika saudara menjadi guru matematika, sedangkan saudara mengetahui bahwa ada seorang 

            siswa yang memiliki keterampilan dalam hal olahraga namun memiliki keterbatasan dalam       

            pelajaran matematika. Bagaimana respon yang saudara berikan terhadap hal tersebut?

9.         Sebutkan dan jelaskan secara singkat sembilan kecerdasan majemuk yang dikemukakan oleh 

            Howard Gardner!

10.       Dari empat tokoh pendidikan yang sudah kita pelajari, mana kah yang menurut saudara paling 

            berkesan pemikirannya? Dan jelaskan mengapa pemikiran tokoh tersebut menjadi berkesan!


Selamat mengerjakan





Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI KH. ILHAM HUMAIDI (MAJELIS AS-SHOFA)

MK. Belajar dan Pembelajaran - Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP ULM