MK. Pengantar Pendidikan - Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP ULM
Pengantar Pendidikan
Hakikat Manusia, Hakikat Pendidikan, Landasan dan Asas Pendidikan
Petunjuk Tugas
Presentasi dan Project Video Pengantar Pendidikan
- Tugas presentasi dilakukan secara berkelompok sesuai dengan pembagian anggota dan materi dari pertemuan sebelumnya. Setiap anggota kelompok harus berperan dalam presentasi kelompoknya.
- Soft file makalah dan PPT dikirimkan paling lambat H-3 sebelum jadwal presentasi atau perkuliahan melalui WhatsApp Group Mata Kuliah Pengantar Pendidikan. Sedangkan hard file makalah dan PPT dikumpulkan pada saat akan presentasi. Makalah dan PPT dijilid menjadi satu.
- Moderator dan notulen yang bertugas berasal dari kelompok selanjutnya. Contohnya jika yang presentasi adalah kelompok 1 maka yang bertugas menjadi moderator dan notulen adalah dari kelompok 2, nama moderator dan notulen harus segara diisi dibawah ini. Sedangkan anggota sisanya bertugas menyiapkan kelengkapan presentasi seperti proyektor dsb
- Cara penyampaian presentasi, makalah, desain PPT, pertanyaan, jawaban, dan memberikan kesimpulan serta keaktivan dikelas juga termasuk kriteria penilaian.
- Project pembuatan video dilakukan se bebas dan se kreatif mugkin dengan mempertimbangkan keterwakilan materi dalam video tersebut. Durasi maksimal video adalah 7 menit (sudah termasuk opening dan credit title).
- Hal hal yang belum jelas bisa ditanyakan di ruang perkuliahan.
UTS PENGANTAR PENDIDIKAN
Petunjuk
1. UTS dikerjakan secara
individu dan tidak diperkenankan untuk berbagi jawaban
2. UTS dikerjakan di kertas
doubel folio (tulis tangan)
3. Melengkapi identitas diri seperti nama lengkap, NIM, kelas, mata kuliah dan kode mata kuliah
serta dosen pengampu
4. Jawaban di tulis
langsung di bawah soal (soal nomor 1, lalu jawabannya, dst)
5. Lembar kerja di kumpulkan secara langsung saat kelas berlangsung dan hasil scan lembar kerja
di
kumpulkan di SIMARI
Soal
1. Jelaskan dan uraikan
pendapat saudara terkait mengapa manusia memerlukan pendidikan!
2. Jelaskan dan uraikan
pendapat saudara terkait arti pendidikan sebagai sebuah sistem!
3. Jelaskan dan uraikan pendapat saudara terkait beberapa aspek yang terdapat di dalam landasan
pendidikan!
4. Jelaskan perbedaan
hominisasi dan humanisasi sesuai konsep pemikiran Driyarkara!
5. Mengapa kita tidak boleh menerapkan banking education dalam pendidikan? Jelaskan pendapat
saudara
terkait hal tersebut!
6. Bagaimana saudara memaknai “Ing ngarso sung tulodo, Ing madya mangun karso, Tut wuri
handayani” yang di bawa oleh Ki Hajar Dewantara, dan jelaskan bagaimana contoh
implementasinya!
7. Apakah sistem among masih relevan digunakan saat ini dan bagaimana penerapannya bisa
dilakukan
dengan menyesuaikan jaman yang saat ini sudah berkembang?
8. Jika saudara menjadi guru matematika, sedangkan saudara mengetahui bahwa ada seorang
siswa yang memiliki keterampilan dalam hal olahraga namun memiliki keterbatasan dalam
pelajaran matematika. Bagaimana respon yang saudara berikan terhadap hal
tersebut?
9. Sebutkan dan jelaskan secara singkat sembilan kecerdasan majemuk yang dikemukakan oleh
Howard
Gardner!
10. Dari empat tokoh pendidikan yang sudah kita pelajari, mana kah yang menurut saudara paling
berkesan pemikirannya? Dan jelaskan mengapa pemikiran tokoh tersebut menjadi
berkesan!
Selamat mengerjakan
Komentar
Posting Komentar