MK. Belajar dan Pembelajaran - Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP ULM


MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FKIP ULM


Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat belajar dan pembelajaran ,prinsip-prinsip beserta unsur-unsurnya, masalah-masalah belajar dan pembelajaran, teori-teori belajar, motivasi belajar dan pembelajaran, peranan lingkungan dan guru dalam belajar dan pembelajaran serta mampu merefleksikan dan mengembangkan dalam dunia kerja (sekolah). Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu mengenali, memahami, menganalisis dan merefleksikan hakikat belajar dan pembelajaran, teori-teori belajar, motivasi belajar, masalah-masalah belajar dan pembelajaran, peranan lingkungan dalam belajar dan pembelajaran serta mampu merefleksikan dan mengembangkannya dalam dunia kerja ( sekolah). Mata kuliah ini akan dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan (2 SKS/minggu) dengan rencana pembelajaran semester (RPS) sebagai berikut:






Mahasiswa mampu mengenali dan memahami secara garis besar hakikat belajar dan pembelajaran (Pertemuan 1 dan 2) dengan pengalaman belajar yaitu mahasiswa menelaah informasi dari penjelasan dan literatur yang diberikan dosen. Join Quiz melalui tautan berikut https://quizizz.com/join













Mahasiswa mampu menelaah konsep belajar dan pembelajaran meliputi definisi, ciri-ciri, jenis, tujuan, dan faktor belajar dan pembelajaran (pertemuan 3) dengan pengalaman belajar yaitu menelaah informasi dan mempresentasikan materi tentang definisi, ciri-ciri, jenis, tujuan, dan faktor belajar dan pembelajaran.












Mahasiswa mampu mengenali dan menganalisis masalah  dalam belajar dan pembelajaran (pertemuan 4) dengan pengalaman belajar yaitu mengenali & menganalisis masalah dalam belajar dan pembelajaran dengan menggunakan model problem base learning.










Silahkan upload file presentasi kelompok (format ppt atau pdf) kalian dan dokumentasi perkuliahan kita hari ini melalui drive berikut ini. Dan silahkan perbaiki kembali hasil diskusi nya hari ini tadi melalui tautan berikut ini.


Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip prinsip belajar dan implikasinya dalam pembelajaran (pertemuan 5) dengan pengalaman belajar yaitu menelaah informasi dari penjelasan dan literatur yang diberikan dosen tentang prinsip belajar dan implikasinya dalam pembelajaran.














Pada pembelajaran selanjutnya (teori belajar), kita akan menggunakan model pembelajaran project base learning dengan hasil akhir mahasiswa diharapkan mampu membuat video animasi sederhana menggunakan aplikasi apapun terkait materi teori belajar sesuai dengan pembagian kelompoknya. Secara definisi, menurut Fathurrohman (2016), project based learning adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dicapai peserta didik.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI KH. ILHAM HUMAIDI (MAJELIS AS-SHOFA)