CONTOH LAPORAN ASISTENSI MENGAJAR FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT TAHUN 2023

CONTOH LAPORAN ASISTENSI MENGAJAR

FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT TAHUN 2023


Sebelum memulai contoh laporan Asistensi Mengajar FKIP Universitas Lambung Mangkurat, mohon bantuan rekan-rekan sekalian untuk memberikan like pada media pembelajaran video animasi yang saya buat dalam rangka menjadi perwakilan FKIP ULM untuk lomba FORKOM Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia yang bisa di akses melalui tautan berikut ini.



Tautan YouTube https://www.youtube.com/watch?v=7uzlNeN-474


Salah satu program MBKM adalah Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan. Program ini dilatarbelakangi oleh kualitas pendidikan dasar dan menengah di Indonesia yang masih sangat rendah (PISA tahun 2018 Indonesia berada di peringkat tujuh dari bawah). Jumlah satuan pendidikan di Indonesia sangat banyak dengan beragam permasalahan baik pada satuan pendidikan formal, nonformal maupun informal. Melalui program Asistensi Mengajar, perguruan tinggi dapat ikut berkontribusi dalam transfer ilmu pengetahuan, keterampilan, dan adaptasi teknologi dalam pembelajaran di satuan pendidikan yang menjadi mitra program. Hal ini pada akhirnya akan ikut membantu sekolah-sekolah mitra dalam upayanya meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan peserta didik. Kegiatan pembelajaran dalam bentuk Asistensi Mengajar ini dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan yang berada di kota maupun di daerah terpencil yang menjadi mitra perguruan tinggi pelaksana program.

 

Program Asistensi Mengajar yang dilaksanakan oleh FKIP ULM merupakan salah satu program MBKM mandiri yang dirancang untuk meningkatkkan partisipasi mahasiswa dalam melaksanakan program Kampus Merdeka dalam rangka mendukung pelaksanaan MBKM di ULM. Program ini sebenarnya merupakan pengembangan dari program sebelumnya yaitu Praktek Pengalaman Lapangan II (PPL II) yang dilaksanakan dalam bentuk kerjasama dengan sekolahsekolah di beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. Sebagai bagian dari program MBKM, Asistensi Mengajar memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan PPL II baik dalam hal durasi kegiatan, bobot kegiatan, maupun aturan konversi mata kuliah. Buku Panduan ini disusun untuk memberikan penjelasan tentang syarat, aturan, dan langkah-langkah kegiatan yang akan menjadi pedoman setiap Program Studi di lingkungan FKIP ULM dalam melaksanakan kegiatan Asistensi Mengajar.


Berikut ini adalah contoh laporan Asistensi Mengajar FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Sebelum masuk kepada contoh laporan, berikut adalah format dan sistematika laporan asistensi mengajar

Format Penulisan Laporan Asistensi Mengajar a. Jenis dan Ukuran Kertas: Kertas HVS 70gram ukuran A5 (148 x 210 mm). b. Cover Laporan. c. Lembar pengesahan dengan dasar polos berwarna putih: Pembimbing tempat asistensi mengajar tanda tangan terlebih dahulu. d. Jarak Tepi (margin): • Tepi Atas: 2,5 cm • Tepi Bawah: 2,5 cm • Tepi Kiri: 2,5 cm • Tepi Kanan: 2,0 cm. e. Jenis Huruf: Times New Roman, Normal, 12 pt (judul), 11 pt (isi). f. Jarak Spasi: 1 (satu). Sistematika Laporan Asistensi Mengajar  

Cover Luar Cover Dalam Lembar Pengesahan Kata Pengantar Daftar Isi Daftar Gambar Daftar Tabel








BAB I. PENDAHULUAN A. Latar Belakang Uraian topik yang dipilih dalam kegiatan Asistensi Mengajar. Latar belakang harus menunjukkan urgensi dari topik yang dipilih, misalnya keunikan topik atau permasalahan yang harus dicarikan solusinya. B. Tujuan Asistensi mengajar Uraian tujuan mahasiswa melaksanaan dalam Asistensi Mengajar di sekolah. C. Manfaat Asistensi mengajar Uraian manfaat kegiatan yang ditujukan kepada: Institusi (ULM), Sekolah Mitra dan Mahasiswa.






BAB II. PROFIL SEKOLAH MITRA A. Lokasi Sekolah Mitra Uraian lokasi/kondisi dari tempat pelaksanaan Asistensi Mengajar yang menjadi konteks dari topik yang dipilih. B. Struktur Organisasi Sekolah Mitra Uraian mengenai struktur organisasi Sekolah Mitra yang mencakup struktur organisasi, proses pendidikan, ketentuan/peraturan terkait, dan sebagainya. C. Visi dan Misi Sekolah Mitra Uraian mengenai Visi dan Misi sekolah mitra D. Program Unggulan Sekolah Uraian program yang menjadi unggulan di sekolah mitra.







BAB III. PELAKSANAAN ASISTENSI MENGAJAR A. Akademik Uraian kegiatan belajar (akademik) yang dilakukan oleh mahasiswa selaman melaksanakan kegiatan, meliputi: pengembangan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan hasil analisis pembelajaran sertainovasi pembelajaran abad 21. B. Adaptasi Teknologi dalam Pembelajaran Uraian kegiatan yang terkait dengan pengembangan berbagai perangkat pendukung pembelajaran (media pembelajaran, bahan ajar, instrumen penilaian, platform pembelajaran online) untuk kegiatan akademik, administrasi dan non akademik. C. Non-Akademik Uraian kegiatan yang terkait dengan peran dalam belajar dan membantu pimpinan sekolah dan guru dalam mengembangkan berbagai program pendidikan, meliputi pengembangkan kegiatan kesiswaan, membenahi perpustakaan sekolah, laboratorium dan sebagainya. D. Administrasi Sekolah Uraian kegiatan yang terkait dengan peran dalam belajar dan membantu pimpinan sekolah dan guru mengelola administrasi sekolah sesuai dengan ketentuan. E. Kegiatan lain yang relevan Uraikan kegiatan lain yang dilakukan di sekolah mitra yang relevan dengan konversi mata kuliah.









BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Uraian ringkasan terhadap keseluruhan laporan, termasuk pembelajaran apa yang didapat selama asistensi mengajar. B. Saran Uraian saran dan rekomendasi sebagai bahan masukan bagi institusi (ULM),Sekolah Mitra dan mahasiswa angkatan berikutnya dalam menentukan spesifikasi kegiatan Asistensi mengajar.




BAB V. REFLEKSI DIRI Uraian refleksi diri mahasiswa selama melaksanakan kegiatan Asitensi Mengajar, meliputi: (a) hal-hal positif yang diterima selama perkuliahan yang bermanfaat/relevan terhadap pekerjaan selama menjadi asisten mengajar, (b) manfaat asistensi mengajar terhadap pengembangan soft skills dan kekurangan soft skills yang dimilikinya, (c) penjabaran tentang manfaat asistensi mengajar terhadap pengembangan kemampuan kognitif dan kekurangan kemampuan kognitif yang dimilikinya, (d) penjabaran mengenai rencana perbaikan/ pengembangan diri, karir, dan pendidikan selanjutnya.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI KH. ILHAM HUMAIDI (MAJELIS AS-SHOFA)

KANTOR GURU M. RIZAL, S.PD

MATERI TATA KAMERA - KANTOR GURU M. RIZAL, S.PD