BERKAT SERTIFIKAT INI SAYA LOLOS BEASISWA UNGGULAN!


BERKAT SERTIFIKAT INI SAYA LOLOS BEASISWA UNGGULAN! 



Selamat malam, selamat datang di Tulisan Malam. Kali ini saya akan kasih tau apa saja sertifikat yang membuat saya lolos Beasiswa Unggulan tahun 2020 lalu. Saat mendaftar Beasiswa Unggulan bisa dikatakan saya masih menjadi mahasiswa baru saat itu, mungkin sekitar 1 bulan setelah resmi menjadi mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat. Saya memberanikan diri untuk mendaftar beasiswa ini dan ada hal yang cukup menarik, dimana saat itu saya baru mengetahui informasi Beasiswa Unggulan ini H-3 penutupan pendaftaran. Untung saja saya punya semua scan sertifikat yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa unggulan ini.


Saya masih ingat betul ketika itu menerima informasi Beasiswa di hari Kamis (sore) dan langsung membaca persyaratan apa saja yang diperlukan. Ternyata salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa ini adalah surat rekomendasi dari sekolah, karena saat itu saya masih mahasiswa baru sehingga untuk surat rekomendasi diarahkan untuk membuatnya disekolah. Besoknya hari Jum’at saya langsung menuju sekolah untuk meminta surat rekomendasi dari kepala sekolah yang juga dibantu Bapak/Ibu di Program Studi saya saat sekolah di SMK dulu. Cukup panik waktu itu, karena ini adalah hari jumat dimana hari terakhir jam kerja (sabtu libur) sehingga hanya punya kesempatan dihari tersebut untuk mengurus segala administrasi yang diperlukan.


Pada hari Sabtu masih sangat disibukan dengan melengkapi berkas yang diminta seperti surat pernyataan, data pribadi, data orang tua, pengalaman kerja/magang, pengalaman organisasi dan persyaratan administrasi lainnya. Malamnya saya mulai menulis essai, sebelumnya saya sudah memikirkan mengenai isu apa yang akan saya sampaikan pada essai nanti. Saya kira akan berjalan lancar, tapi ternyata cukup memakan waktu yang lama karena harus ada penyempurnaan atau perbaikan kata setelah saya baca berulang kali. Waktu subuh hampir tiba, saya coba hubungi beberapa teman teman yang juga mendaftar beasiswa ini dengan maksud meminta bantuan atau sekedar sharing, tapi kebanyakan dari mereka juga sedang mengerjakan essai.


Hari minggu pagi semua persyaratan yang diminta sudah lengkap, termasuk essai yang saya kerjakan semalaman. Sekitar pukul 9 pagi saya sudah finalisasi data dan proses pengiriman berkas. Nah mungkin udah penasaran dengan apa saja sertifikat “penolong” yang membuat saya lolos Beasiswa Unggulan. Ada sekitar 19 sertifikat yang saya lampirkan untuk mendaftar beasiswa ini, berikut sertifikatnya :

 



Nah itu tadi sertifikat sertifikat yang membuat saya lolos Beasiswa Unggulan. Ada beberapa kegiatan yang tidak ada sertifikatnya sehingga tidak bisa dimasukan sebagai lampirkan pendaftaran. Saya sudah bahas pentingnya sertifikat pada postingan sebelumnya atau bisa dibaca disini.


Ada 2 tips yang bisa saya berikat yaitu maksimalkan sertifikat yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, karena menurut saya pribadi sertifikat yang dikeluarkan oleh Kemendikbud akan lebih disukai oleh penyelenggara beasiswa.


Tips berikutnya yaitu jangan memasukan sertifikat workshop/webinar online yang kredibilitas penyelenggaranya kurang diakui. Meskipun sertifikat webinar kamu berembel embel “webinar nasional” namun jika ditanding dengan perlomaan di tingkat kota maka sertifikat webinar kamu seperti tidak ada nilainya. Selain itu yang perlu kamu ingat adalah sertifikat workshop/webinar online bisa dengan mudah didapatkan oleh siapa pun, sehingga bukan sebuah prestasi yang perlu dibanggakan. Pada point ke-14 saya memang melampirkan sertifikat workshop, namun kegiatan workshop ini diselenggarakan oleh Pusat Pengemanan Perfilman Kemendikbud di Jakarta pada tanggal 7 s.d 12 Oktober 2019 dengan system peserta seleksi ditingkat Nasional. Sehingga sertifikat workshop semacam ini yang seharusnya kamu coba kejar.


Terimakasih sudah mampir di Tulisan Malam, selamat malam semuanya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI KH. ILHAM HUMAIDI (MAJELIS AS-SHOFA)

MK. Belajar dan Pembelajaran - Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP ULM